Galery

Parenting School



Sebagai upaya meningkatkan pemahaman kepada orang tua mengenai pola asuh terhadap anak, MI Plus memiliki program yang khusus diberikan kepada orang tua anak, yakni program parenting school. Program parenting school tersebut diberikan kepada orang anak secara rutin setiap enam bulan sekali. Dimana, semua orang tua dihadirkan di sekolah dan diajak sharing mengenai pola asuh yang tepat terhadap anak sesuai usianya.

Kegiatan parenting school ini merupakan komitmen dari MI Plus Al Huda, untuk memberikan pemahaman kepada orang tua, mengenai pentingnya pola asuh dan mendidik yang dapat memicu perkembangan anak secara positif.

Selama ini orang tua masih banyak yang belum mengerti sepenuhnya bagaimana mendidik anak dengan benar, sehingga, proses pendidikan yang diberikan di Sekolah, tidak sepenuhnya diberikan orang tua ketika di rumah. Secara keseluruhan, sepenuhnya orang tua menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan yang maksimal, namun, terkadang, pola asuh yang diberikan orang tua kurang tepat, sehingga memberikan dampak yang kurang baik terhadap perkembangan anak.
Banyak orang tua yang menginginkan anaknya cerdas, namun, karena pola asuh yang kurang tepat, justru mengakibatkan anak berkembang tidak sesuai keinginan. Seperti halnya, memaksakan anak agar belajar, dan jika tidak mau akan memberikan hukuman.

Hal demikian bisa membawa dampak yang kurang baik terhadap psikologis anak, sehingga dikhawatirkan akan membawa dampak yang kurang baik juga terhadap perkembangan anak nanti. Dengan adanya kegiatan pareting school ini, diberharapkan, ada kebersamaan antara institusi pendidikan dengan orang tua dalam mendidik anak, yang tentunya dibutuhkan kesamaan visi dan misi.

“Tanggung jawab pendidikan anak merupakan tanggungjawab bersama. Anak adalah amanah dari Allah yang haus dijaga dan dirawat dengan baik, dan kalau kita lihat, akhir-akhir ini banyak anak yang berani kepada orang tua, dimana hal tersebut salah satunya disebabkan pola asuh yang kurang tepat,” Untuk itu, sinergi antara guru dan orang tua harus terus dibina agar proses pendidikan anak  bisa berjalan dengan baik dan efektif. “Orang tua harus bisa menjadi contoh dalam kehidupan di rumah dalam amal dan ibadah, sehingga keterpaduan pendidikan yang menjadi visi sekolah menjadi lebih efektif,”